Shop Forum More Submit  Join Login
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
sorry guys for very long updates. (ive wrote my journal since okt 2013). but if theres anything you want to contact me i suggest to not write on my deviantart private message, i rarely check my deviantart, but i check my email more often. its sonnyketsit@gmail.com

God bless you
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
halo2 maaf udah lama sy gak bikin jurnal yg baru.
kl ini sy cuma pengen ngasitau singkat aja ttg merubah indonesia ini.

sy amati sebenernya ada satu harapan yg sama utk hampir semua orang indonesia: semua kepengen indonesia ini berubah jadi lebih baik! disini sy pengen ngasitau bahwa itu bisa mustahil tapi bisa juga masuk akal. kabar buruknya dulu:  itu mustahil kalau tidak ada satupun orang indonesia yg mau berubah! coba pikir, mustahil gak sih kepengen indonesia jadi lebih baik tapi setiap orangnya gak mau berubah jadi lebih baik? yg hidupnya gak tertib tetap gak tertib, yg ngelanggar aturan lalulintas tetep ngelanggar, yg nipu tetep nipu, yg korup tetep korup, yg jahat tetep jahat, dst. mustahil gak sih cuma pemerintah saja yg perlu berubah dan rakyatnya gak mau berubah? sebenernya mana ada pemerintah yg tidak berasal dari rakyat, jadi kalo rakyatnya gak mau berubah jadi baik, mana mungkin bakal ada pemerintah yg baik juga?

sudah ah, cukup kabar buruknya, nanti sy ikutan sensi sendiri hehe. skarang kabar baiknya: indonesia bisa berubah kalau setiap kita mau berubah jadi lebih baik, mau introspeksi diri sendiri apa yg perlu kita bereskan dari diri sendiri. dan kabar lebih baiknya itu tidak pernah terlalu berat! bisa dimulai dari hal2 kecil sampai yg besar. hal2 kecil itu misalnya seperti ini:
1. apa kita sering ngelanggar rambu lalu lintas? coba skrg kita tertib lalu lintas
2. apa kita sering nyerobot antrean? skrg coba kita tertib di antrean.
3. apakah kita sering buang sampah sembarangan? coba skrg buang sampah selalu pada tempatnya
4. coba biasakan bilang terimakasih ke pekerja yg melayani kita, misalnya pengisi bensin, penjual barang, kasir, satpam, tukang parkir dll. jgn jutek2 lah. semua orang berhak dihargai, ya gak?
5. apa kita sering bersungut2/ngomel2? skrg coba dihitung berkatnya dan belajar bersyukur. apa kita masih punya anggota badan lengkap? apakah kita masih sehat? apa kita masih bisa bekerja normal? apa udara yg kita hirup bayar?
6. apakah kita sering marah (yg ini saya banget), coba skrg blajar tenang dulu n cari tahu masalahnya. (sharing: kalo saya sndiri dr hasil doa, sy dikasi tau bhw sy kurang istirahat jadinya karena capek sering marah)
7.  ini tips dari temen: apakah kita sering ngumpat2in angkot dijalan? XD coba kita sekarang belajar memberkati hehehe. katanya apa yg kita omongin itu seperti doa, kalo kita ngumpat2in (baik kata2 maupun dalam hati) kita berarti mendoakan yg jelek. tp sebaliknya kalo kita memberkati (walau kondisinya jelek) kita berarti sedang mendoakan perubahan yg lebih baik.
8. yg ini agak sulit, sy sndiri sering bolong dan ngelakuin ini juga: apakah kita sering nyalah2in orang lain? skrg jgn nyalahin orang lain, karena prioritas utama merubah diri sndiri bukan orang lain dulu


okey segitu aja dulu, kalo ada usul perubahan kecil2 lagi tolong kasih tau ya, biar banyak listnya  :)
kesimpulannya: kita pengen indonesia berubah, jadi ayo kita berubah.

Tuhan Yesus memberkati
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
sy baru baca kronologis pembunuhan sisca:
regional.kompas.com/read/2013/…
sebenernya dari beberapa web, yg kompas ini agak keliatan didramatisir utk menyalahkan polisi, tapi kalo keterangan kronologisnya emang benar, yg paling bikin sy gregetan adalah kenapa warga disana diam saja membiarkan korban yg padahal masih hidup dan masih sempat menangis. dan malah diajak doa bersama, padahal JARAK RUMAH SAKIT TERDEKAT CUMA SEKITAR 10-15 MENIT BERJALAN KAKI! kalo informasinya benar, disitu ditulis mereka menunggu lama polisi hampir dua jam. ngapain aja mereka disitu berdiam diri nungguin korban????
disitu ditulis warga tidak berani menyentuh korban karena takut bermasalah dgn polisi. !!
coba liat peta cipedes
maps.google.com/maps?q=cipedes…
itu rumah sakit ibu dan anak jaraknya dekat sekali! kenapa gak ada yg ke rumah sakit utk meminta tolong???

saya masih lumayan bisa maklum kalo ada peristiwa penganiayaan dan warga berdalih tidak ada yg berani menolong karena pelaku membawa2 senjata tajam atau senjata api. tapi ini gara2 takut ditanyain polisi warga tidak ada yg mau menolong??
saya mau katakan ini sebenernya keegoisan, judulnya: tidak mau repot!
membaca informasi dari web itu saya lebih emosi dengan warga penonton disana (juga penulis web tersebut yg menyalah2kan polisi) daripada pelakunya! dari beberapa informasi lain disebutkan pelakunya menyerahkan diri dan merasa bersalah. saya masih bisa cukup lega mengetahui bahwa pelakunya merasa bersalah dan menyerahkan diri, tapi bgmana dgn warga disana?
saya mau bilang: KALIAN WARGA DISANA MEMBIARKAN SEORANG MENINGGAL GARA2 TIDAK MAU BERURUSAN DENGAN POLISI!!!!
kalian warga bermoral BEBAL! TERMASUK PENULIS WEBNYA juga kenapa menyalahkan polisi?? kalian yg di lokasi kejadian bisa kerumah sakit terdekat (yg lokasinya MEMANG DEKAT BANGET) minta dikirim ambulans, bahkan ada dua RS yg satunya adalah RS Hasan Sadikin dgn lokasi lebih jauh sedikit. tapi tidak ada yang mau menyempatkan diri melakukannya padahal disitu disebutkan kejadiannya baru pukul 6 sore!!! mnurut saya kalianlah pembunuh yg lebih kejam dari penjahatnya

buat siapa aja yg baca ini:
dulu saya pernah bilang kalo keegoisan itu mematikan.
sy rasa ini contoh yg tepat utk menggambarkannya, jadi jangan egois guys!! please!
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
sometimes when we see people who is so success in his/her life, we wondering what makes them so success? why cant i be like them? sometimes we feel so inferior too.
how many times we wondering: i dont have what i need to keep go on, i dont have any assets or skills like others, how can i become a success people if i dont have anything? even after i tried my best the results is so bad, maybe i will never make it happen. and maybe sometimes we complain to God too, why He is so unfair?

Actually...
what ive got in living in God is very different, actually God taught us something wonderful about it.
remember when Lord Jesus feed 5000 peoples? at that time His disciples didnt have any idea how can they give food to so many people. that time Jesus ask them, how many bread do you have? His disciples said that they only have 5 breads and 2 fishes. hearing that Jesus ask all the peoples to sit down, then He thank God for it then brake and share that breads and fishes to them to eat. and in the end they gather the fragments that remain and it become 12 basket full.

in the old testament there was similar event like that too. its when Elisha help a widow whom her children would be taken because of her debts. Elisha asked her, what should i do for you, what you have in your house? and she answer him that she only had a pot of oil. then Elisha asked her to borrow empty jars from her neighbour, after that they filled all the jars with the oil from that one pot. and the widow sell the oils and can pay the debts and live from whats left from the selling.

so.. what God taught us is to see carefully, whatever we have right now? thank God for it (remember when Lord Jesus thank God for 5 breads and 2 fishes which really wasn't enough to be shared), then share it with other people, and The Almighty Father God will help us with whatever we have right now, He is the Father God which is so smart, He will never run out of idea how to raise us up with the only things we have right now.

(hmm.. but we must remember this, dont collect things just for ourself, dont be selfish, if we do, maybe God wont help us anymore. if that happens just  repent, He also a good and faithful God, He will forgive and raise us up again)

Merry Christmas, God bless you

John3:16 For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

btw this is link about "mingi" children:
omochild.org/about-us/mission/
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
maap selingan sejenak ..
ada yg minta dukung doa mengenai kondisi anak2 di ethiopia
disana memiliki adat bahwa anak2 yg disebut 'mingi' adalah anak yg membawa kesialan dan akan dibiarkan terbunuh (atau sengaja dibunuh).
sdangkan anak yg disebut dgn deskripsi 'mingi' seperti ini: (sangat takhayul mnurut sy)
- lahir diluar nikah
- hasil dari kehamilan diluar rencana
- lahir kembar (hah?)
- lahir tidak normal
- alat genitalnya terluka
- gigi atasnya tumbuh duluan seblum gigi bawah (what the..)
- chipping a tooth during childhood (sy gak ngerti artinya chipping... *swt)

jadi maksudnya dia ini minta tolong dukung doa karena banyak sekali pembunuhan anak disana, dan itu legal.

teks aslinya sy copy paste dibawah ini:

Pray for an end of Mingi

   by *SeekHim, 1 week, 6 days ago
   Literature / Characters & Settings / Contemporary / Profiles

Among some tribes in the Omo River Valley in southwestern Ethiopia
certain children are considered Mingi (Impure, Ritually polluted)

Reasons for being declared Mingi are:
Being born out of wedlock.
Being the result of an unplanned pregnancy.
Being born a twin.
Being born with some sort of deformity or imperfection.
Having one's genitals injured in some way.
Having ones teeth come in the upper jaw before the lower jaw.
Chipping a tooth during childhood.

Children declared Mingi are considered cursed by the spirits.

It is believed that if allowed to live a Mingi child will bring misfortune
to the community.

Children declared Mingi are either abandoned to die or killed.

Mingi children are either drowned, starved, or, in the case of infants,
have dirt stuffed in their mouths so that they choke to death.

Please, please pray that this evil practice stop!
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
Akhir2 ini semenjak mulai kerja di gumi smuanya serba surprise. jadwal kerja, kualitas gambar, deskripsi jobnya, beserta kejadian2 bbrp orang tereliminasi, dll termasuk musti ngobrol pake bahasa inggris, baru satu kali sih hahaha tapi menegangkan (inggris sy kan pas2an, tiap bikin komik aja minta bantuan temen yg selalu setia membantu terjemahan walo kadang sy sungkan dan gak minta dibantu koreksi inggrisnya). ah pokoknya akhir2 ini serasa sering sport jantung.  seminggu pertama mulai kerja minggu depannya shock n masuk angin haha.

tapi Tuhan sering ingatkan sy bbrp hal, salah satunya sewaktu Tuhan Yesus berada di perahu yg sedang terkena badai, Dia cuma bilang ke angin dan danau disitu, "Diam! Tenanglah!" lalu semuanya jadi tenang dan teduh sekali. lalu Ia berkata ke murid2nya, "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"

juga tentang hal kekuatiran, Dia sempet bilang ke murid2-Nya: sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah utk sehari.

Tuhan benar (kapan sih Dia pernah salah hahaha,makanya Dia disebut 'kebenaran'), belakangan sy sering kuatir, gimana kalo sy tidak sempet kelarin hal ini dan itu, gimana kalo sy tidak bisa menuhin dedline, apakah sy salah berbuat ini dan itu, dll. tapi Tuhan juga udah beberapa kali mengingatkan disaat2 menegangkan, bahwa Dia mengasihi saya dan mendampingi saya, apa yg perlu sy takutkan. dan Dia selalu mendorong sy utk lebih percaya lagi kpd-Nya.  

hmm akhirnya hari ini sy mau bilang: God, thank you. You are my Rock and my fortress, and my deliverer.  sy tidak mau takut lagi menghadapi badai.

guys, God loves you all. dont give up your faith on Him.
God bless you guys. XO
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
berhubung kita sedang tahap probation (masa percobaan), jadi utk sementara kita konsentrasi kesini dulu. nanti kalo sudah lewat masa probation kita akan buka lagi pendaftarannya. oke guys! >;)
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
Kami membutuhkan 20-50 Illustrator untuk di BANDUNG. Full time, gaji standar Jakarta untuk pemula dan yang sudah mahir/prof akan bisa sesuai standar Singapore. Silahkan mencoba tantangan dan peluang besar ini.

Lumayan bisa nambah Porto level internasional dan dipublish di Jepang dan seluruh dunia ^^ Jangan lewatkan kesempatan ini ^^

kirimkan porto ke alamat ini:
henry darmawan: fleon.dew@gmail.com

GUMI website link: gu3.co.jp/

eh iya kalo pengen ngirim porto sy ada template pengiriman porto dan resume yg dikasih dari henry. kalo mau email ke saya:
sonnyketsit@gmail.com. nanti saya forward email henry yg berisi template pengiriman porto(power point) beserta contohnya (pdf)

note: kmrn sy pikir mo dicoba dulu test drive tapi ternyata ada titipan dari gumi singapura supaya nerusin cari orang (yg kemarin baru ketrima 12 orang aja, masi kurang banyak) jadi lowongannya masih dibuka ya
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
iklan .. iklan..
perusahaan jepang GUMI (gu3.co.jp/) lagi mau ngelebarin sayap ke indo, sekarang mereka lagi nyari ilustrator fulltimer utk pembuatan GUMI card dalam jumlah besar. bagi yg berminat bisa menghubungi henry darmawan: fleon.dew@gmail.com (kirimkan porto dan resumenya)

diharapkan berdomisili di bandung ye. >;)
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
hmm...sy dapet sesuatu belakangan yg mgkn perlu utk dibagikan.
kadang2... eh seringkali ding, kita ini suka gak sadar n tidak mengenal diri sndiri. sy ini tadinya ngerasa sepertinya gak ada yg saya benci (gaya uy), kalo adapun jg gak banyak yg saya benci, soalnya sehari2 juga rasanya gak ada mikirin soal2 benci membenci, tp belakangan Tuhan tunjukkan beberapa hal satu persatu (hr ini diingetin ini, besoknya diingetin itu, dst) ternyata ketahuan bhw sy sebenernya ada hal2 yg sy benci, ada kota, negara, pihak2, sampai ujung2nya sy diingatkan bhw sy cukup membenci diri sndiri. (kok banyak ternyata).

tp yg saya dapet gak cuma itu aja, sy kayanya dikasi cara mengatasinya juga.
hmm.. utk realitanya sebenernya dari benci banget sampai jadi sayang itu kalo menurut sy mustahil kalo tanpa jamahan Tuhan. tp begini yg sepertinya Dia ingin saya lakukan:..
sy perlu benar2mengubah harapan saya. dari yg awalnya saya ingin pihak2 yg saya benci itu dihukum, harus saya ubah harapan saya bahwa pihak2 itu sudah berubah 180 drajat, dari jahat, menjadi baik. jd sy bayangkan bagaimana jika dari pencuri menjadi pemberi, dari kejam jadi ramah n lembut, bgmn kalo si A yg penipu jadi jujur n bertanggung jawab. Dia ingin saya mengharapkan hal2 itu dari semua hal yg saya benci. hasilnya, seringkali kekesalan sy reda begitu sy dimampukan membayangkan bagaimana jika hal2 itu menjadi baik.

prakteknya jadi misalnya kondisi sy begini, sy trnyata membenci dua negara saat ini, jepang dan amerika. Tuhan ingin sy belajar dari pandangan sy terhadap indonesia, dulu saya juga benci thd negara ini,
negara ini banyak melakukan hal jahat thd keluarga dan kaum saya (yg terbesar mnurut sy adalah, dua kali di negara ini hampir terjadi genocide),
tpi Tuhan arahkan dan tunjukkan saya utk melihat indonesia dari dekat. wkt itu sy berharap Tuhan menghukum indonesia ini sejadi2nya, tapi ternyata saya dipertemukan dengan teman2 yg baik, dipertemukan dengan banyak orang2 yg asli indonesia pribumi yg bahkan memberikan saya bimbingan utk mengenal Tuhan, Tuhan juga tempatkan rumah saya sbg keluarga cina sndiri ditengah2 pemukiman orang indonesia asli utk menunjukkan kpd sy bahwa setelah didekati, mereka ternyata baik (berbeda dgn ajaran keluarga sy turun temurun yg memiliki luka lama yg ga hilang2), kalaupun ada beberapa kecurigaan dan sentimen yg dilontarkan, itu karena juga ajaran turun temurun keluarga mereka masing2juga, karena setelah kita semakin dekat, kecurigaan itu lama2 hilang, dan kita sama2 bisa melihat bahwa sebenernya kita sama2 tidak ada niat jahat n bisa bertetangga dgn baik. dan akhirnya sy ditunjukkan bahwa pandangan sy salah, bahwa ternyata rasialis adalah produk tipuan dari si jahat, yg memprovokatori dan membuat sy berpikir utk men-sama-ratakan, menganggap suatu kaum jahat semua (pukul rata).
tips yg saya dapet, kalo memang mau mensamaratakan jgn yg jelek2nya, tp ambil yg baiknya, Tuhan tunjukkan ke sy bahwa tanpa memandang ras dan suku, kita memiliki kebaikan yg sama, sama2 memiliki potensi utk berubah, dan kita sama2 sedang berjuang utk menjadi baik (ini yg saya lihat dari indonesia ini, yg berbeda dari negara lain, bahwa: walaupun kita berbeda2 tapi sebenarnya kita sama2 sedang berdoa kepada Tuhan, meminta belas kasihan-Nya).
singkatnya akhirnya sy pelan2 berubah 180 drajat, dari ingin penghukuman, sampai tidak tega melihat negara ini dan ingin pengampunan dan pemulihan utk indonesia ini. Tuhan sukses mengubah harapan saya utk indonesia ini. skrg sy tidak mau terlalu mengingat hal2 jelek di negara ini, yg saya inginkan negara ini pulih.

nah contoh kesuksesan perubahan harapan ttg negara ini yg Tuhan ingin sy lakukan  thd hal2 lain, thd negara2, thd kota yg sy keselin,  thd beberapa pihak, dan thd diri sndiri juga sy harus ubah harapan sy. bukan penghukuman yg Tuhan inginkan, tapi pertobatan dan perubahan. itu juga yg harus sy harapkan.


Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan
mati, hai kaum Israel?
Yehezkiel 33:11
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
kemarin2 ini ada program utk mempercepat pemulihan negara ini, nama programnya adalah 'my home', petunjuknya begini: masing2 dari kita diminta utk  mendoakan dan mengusahakan kesejahteraan di tempat kita berada (rumah, tetangga, jalan, kantor, yg mana aja). jadi apa yg bisa kita lakukan, mulai dari yg mudah (yg tadinya cuek, berubah ramah terhadap tetangga misalnya) sampai yg sukar (lebih memperhatikan serta menolong utk kesejahteraan para tetangga, juga rekan2 kerja).

sy merasa program itu bagus banget, nah disini sy pengen ngajakin bukan cuma agama tertentu (bukan cuma yg disebut kristen doang misalnya), tp semua orang yg mau ikut (mau muslim, buddha, hindu ato konghucu juga boleh, yg mana aja yg ngerasa bangsa indonesia hehehe). yo kita coba lakukan itu, membuat sesuatu perubahan yg lbih baik.

ini soalnya karena sy sangat percaya bahwa Tuhan kita sebenarnya satu, jadi lupakan dulu lah perselisihan2, kita doakan dulu negara ini. kayanya gaperlu membayangkan yg susah2, lakukan yg bisa aja, misalnya ada tetangga kita yg suka ngebete-in, sekali2 coba ramah ke dia. mslnya ada rekan kantor yg suka mengintimidasi, sekali2 coba berbaik ke dia. kalo semua itu gakbisa, doain buat dia diberkati dah cukup.

nah, utk curhat sih....sy pribadi, sjujurnya juga gak berapa pede buat melakukan itu, kalo ngedoain sih jauh lebih gampang, yg susah kan ngelakukan sesuatunya itu. apalagi kan kebanyakan ini masalah melakukan hal yg baik ke org yg cuek atau bahkan ngejengkelin ke kita XD. tapi sy ikut program itu dan akan coba lakukan yg sy bisa. (sebenernya dah sejak bbrp tahun seblum ini sy rasanya udah lakukan itu, dah didorong2 ama Babeh Nyang Baek, tapi sy akan lebih perhatikan lagi soal ini, mungkin ini juga buat introspeksi buat sy)


ceritanya kenapa sy tulis ini adalah karena kemarin sy sempet ikut acara world prayer....(singkatannya WPA, huruf A nya lupa saya hahaha), acara ini adalah acara doa bersama sedunia (sedunia lho, jadi ada pendoa2 datang dari berbagai negara) di suatu tempat, dalam kasus ini indonesia (yg seblumnya acara ini di gelar di korea selatan), isinya tentang nubuatan dari berbagai sumber, dari para pendoa dari berbagai negara, juga korea selatan, bahwa indonesia kita ini dipakai sebagai hadirat Tuhan dan akan dipulihkan oleh-Nya. jadi kemarin ini acara ini diadakan serentak di 300 lebih kota di indonesia, disitu kita diberitahu tentang nubuatan2 itu dan akhirnya kita berdoa bersama, mengaku dosa2 bangsa kita di hadapan Tuhan.
kesimpulannya, Tuhan sedang memulihkan negara kita, dan akan terus dipulihkan sampai luarbiasa, jadi .... ayo nak, teman2, bapa2, ibu2, om2, tante2, kita punya harapan yg sangat cerah utk negara ini.

peace  v ^_^ v
-sonny-

Yeremia
29:7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
sy baru liat trailer filem indo terbaru: 'the raid'. n sedikit 'the making' plus mendengar berita keberhasilannya yg katanya dilirik hollywood utk di remake segala (gatau bener ato tidak)
dan sy bilang memang keren abis trailernya. ngeliat trailernya memang mungkin sih bisa dilirik holiwood, konsep ceritanya juga mantep n sederhana (trimakasih juga buat evans gareth yg sudah mau repot2 menjadi directornya)
waktu taun kemarin ngeliat trailer filem india 'ra.one' sy sempet iri.. wah keren nih india sudah membuat filem setara holywood (n sy jg sempet ngeliat karya komik2 dari india jg keren2) . tapi sekarng gak kalah bangga setelah ngeliat trailer the raid dan berita2 seputarnya.

oke, gamau kalah ah. semangat2
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
yayy! ive worked with some game developer for some years and now ive got a proudly compliment from brianwhite, the art director from idle games san fransisco (here is his link: brianwhiteart.com/)

thank you, brian for the proudly comment XD hehehehhehehehehehe

brian said:

I've been working with Sonny for a couple of years, and he is an exceptional artist and professional. For our current project, he has raised the quality bar for our character art, and delivers the highest quality work on-time. I've been an artist/art director in the computer games industry for almost 20 years, and I've never worked with anyone more talented than Sonny.

Thanks for your amazing work!

Brian White
Director of Illustration
Idle Games
San Francisco, CA USA
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
sy baru dapet dua tips utk bahan introspeksi:

salah satunya..
sy dapet masukan utk introspeksi ttg kebencian:

di 1Korintus12:26 disebutkan:
Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

ini utk takaran apakah kita membenci seseorang atau tidak.
jadi apakah ada seseorang yg membuat kita berpikir kebalikan dari itu? (kita senang kalau dia menderita dan kesal kalo dia dihormati), kalo tidak ada ya sudah, congratz!... karena sy yakin lingkungan anda pun bersih dari segala kebencian.
jd selama kita berpikir lurus seperti itu ke semua orang (jika dia menderita, saya pun sedih, jika dia dihormati, saya ikut senang), maka semua org itu juga akan lurus ke kita.

oh saya? terus terang sy pun ternyata ada org yg sy benci. sy juga akan merubahnya. dan moga2 cepet berubahnya.

tips kedua..
sy dpt masukan (masukanny sebenrnya udah sejak thn 2005, sy terlambat banget, tapi masih baik utk disebarluaskan)...
sebenernya bencana penyebab kematian jutaan orang di indonesia bukanlah bencana alam itu sndiri yg tidak henti2, tapi merupakan bencana moral dgn wujud keteledoran, kecerobohan, kemalasan, korupsi, pelanggaran, ambisi pribadi, ketidak tertiban, dsb.. yg disingkat menjadi satu kata: egois

jadi utk introspeksi berikut: kurangi keegoisan, dan mulailah kerjakan pekerjaan kita masing2 dgn ditambah perasaan lebih tanggungjawab thd org lain.

utk bbrp masukan fakta fatalnya keegoisan (semua dibawah ini bisa dikurangi sampai nol jumlah korbannya kalau tidak egois):
- bencana tsunami besar di jawa waktu itu ternyata telah diberi tahu sebelumnya oleh negara jepang, tp org indonesia berdalih bahwa pantai kita tidak punya pengeras suara atau alarm bahaya utk memperingati orang2
- kita masih punya banyak semen, batu bata dan tenaga kerja utk membangun bendungan, atau tembok anti tsunami tapi tidak ada yg mengerjakannya
- lalu bantuan utk korban tsunami yg dikorupsi dan disandera
- selanjutnya ada para korban tsunami yg telantar bukan ditolong tapi dijual di 'human trafficking'
- penggundulan hutan ilegal, menebang pohon diluar batas dan dilanjutkan tidak melakukan penguatan pondasi di tanah yg miring
- pilot yg menggunakan narkoba
- jatuhnya pesawat2 yg sebagian besar ternyata tidak memenuhi standar 'layak terbang'
- gempa bumi yg seharusnya tidak membunuh banyak orang, hanya karena konstruksi rumah yg buruk dan tidak disesuaikan dgn kondisi indonesia yg memang dari dulu diketahui berada diatas jalur gunung berapi. (kalau di bandung bisa dilihat dgn mata kepala sndiri, sampai hari ini masih banyak konstruksi rumah yg tidak bertanggung jawab diatas tanah yg diambang longsor)
- kematian akibat kecelakaan lalu lintas yg tidak berhenti2
- tenggelamnya kapal2 feri akibat terlalu banyak penumpang dan kurang perawatan kapal.
- tabrakan kereta (udah ada jalur dan jadwal, knp bisa bertabrakan coba kalo bukan keteledoran)
- mobil2 truk dan bus yg nyemplung jurang akhir2 ini karena sopirnya ngantuk

lalu yg terakhir...
- dengan enaknya semua dianggap kesalahan pemerintah, dari sampah dipantai kuta (ktnya pemerintah tidak tegas memberi larangan buang sampah di pantai), sampai penjahat di jakarta yg menjual minyak goreng yg dicampur dgn solar (katanya pemerintah tidak memberitahu bahwa minyak goreng berbahaya kalo dicampur solar)
dgn kata lain makin banyak org egois yg tidak mau berubah, hanya mau menyuruh orang lain yg merubah.

saya tulis bukti2 itu supaya terlihat jelas.. bahwa bukan cuma kesalahan pemerintah saja, tapi semua penduduk indonesia bersalah atas keegoisan, dan mustahil bisa diperbaiki kalo cuma mengandalkan pemerintah.

kesimpulannya: keegoisan kalau dibiarkan terus sampai berbuah, maka buahnya adalah pembunuhan massal (seperti yg kita lihat di indonesia skrg)


satu kata terakhir, siapapun yg baca ini, berubahlah menjadi lebih baik. Tuhan itu adil, siapa yg berusaha berubah dia yg mendapat perubahan itu, dan selanjutnya Dia melindungi orang2 ini.

Wahyu3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
beberapa hari terus2an digelontor urusan2 ringan lama2 jadi berat juga. urusan yg satu lagi dipikirin blum beres, datang urusan kedua. lagi mikirin masalah rumah, ada masalah di kerjaan utama, kerjaan utama baru mau diberesin ada tambahan kerjaan revisi dr krjaan freelance, semuany baru mau dikebut, dirumah anak lagi nakal2nya, aktif banget (suka sih aktif, tapi kemarin2 ini timingnya gak tepat) gakmau tidur2. udah beberapa hari tidurnya nyubuh terus, kl disuruh tidur ngerengek, minta main. kurang tidur berhari2 deh jadinya... apa2nya rasa gak beres2. kerjaan ringan jadi berat.  sabtu kemarin rasanya puncaknya, pagi gak bisa dibuat ngebut krjaan yg blum kelar, siang bisa nyicil kerjaan dikit, sore ada jam ngelesin, dan gabisa jadi apa2 ngeblank sukar mikir, pdhl jumat udah mikirin dan udah terbayang enaknya ngegambar apa (dibayangin aja biasanya dah cukup membantu tp yg ini tidak), jd berjam2 gak ngehasilin apa2 cuma oret2. malem coba refreshing, dah gamo sentuh kerjaan lagi. keluar bareng cari makan bareng istri n anak. lumayan membantu. tp begitu lagi, anak gamau tidur2 n istri udah stres (dah jam1 lebih masih ngrengek2 pengen main).... swt omg abiess... gajadi refreshing dahhhh. ikutan stres jg malahan....
rasanya mentok abissss. masa satu persatu ditangani juga kok srasa gak berkurang malah nambah bebannya. sampe beberapa kali sempet terlintas kayanya enak kalo dipanggil Babeh saat ini (lg capek mikirny jd aneh2).
saat itu anak lagi digantiin baju oleh istri, habis boker subuh2 n gamau tidur. n sy ambil nafas dulu, rebahan sambil ngomel dlm hati.  tapi saat itu tiba2 serasa diingatkan buat bersyukur (sprt yg sy tulis di jurnal sblum ini, pengen bersyukur). bersyukur atas hal2 yg serasa beban. saat itu tiba2 ada sdikit semangat. terus akhirnya saya bersyukur sambil berusaha jujur ke Babeh, sy bilang, Tuhan, utk hal2 berikut kalo sy bilang bersyukur berarti sy bohong (soalnya beban banget), tp sy pengen suatu saat sy bener2 bisa bersyukur, jadi akan sy mulai saat ini, Tuhan terimakasih buat hal2 yg terjadi ini. trimakasih buat anak, buat istri, buat kerjaan, buat pelajarannya, buat badai kecilnya (buat saya serasa kena badai kecil2 yg banyak dan gak berhenti2). dan sy bertekad akan melanjutkan nemenin anak main sampe dia ngantuk sndiri (biasanya sy klo udah stres jg, sy tinggal biar diurus istri aja, gak bener deh) ..... tapi ternyta sehabis ganti baju tiba2 dia berhenti merengek dan jadi mulai tenang. dan seingat sy tidk ada nangis2 lagi. jadi akhirnya sy tidur dan kebangun lagi pagi2... eh siang2 ding. puji Tuhan!. dan skrg pusing2 dan beban pikiran kemarin ini serasa diangkat.  tengkiu God. thx for the lesson.
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
ngeliat bnyk berita2 kacau, kecampur tugas harian jadi agak down..
perlu pencerahan kayanya.

ada yg mau ngasi sharing? apa aja yg bikin kita bersyukur atas indonesia ini?
bersyukur soal hidup masing2 ya boleh.. apa aja berita dan kabar baik deh.

hmm kl dr saya sih apa ya.... akhir2 ini rasa apa2nya memusingkan, tapi gada satupun yg buntu sebenernya. (keliatan buntu iya).
ttg kabar anak, sehat sekali, itu juga bikin seneng.
untuk indonesia, sy senang dgn perkembangan skill artis gambarnya, makanannya masih tetap top,  hmm apa lagi ya (slh satu masalahnya memang sy lagi kecewa ngeliat indo, tapi makanya pengen masukan lain. sy pengen bangga dgn indonesia).. hmm.. kalo ngeliat di desa2 ada beberapa orang yg menonjol menemukan penemuan buat orang2 sekampungnya seneng juga, menandakan tidak semua orang egois. masih ada yg memikirkan teman2nya.
hmm aduh apa lagi ya..

minta masukan ya kalo ada. tp gamau masukan negatif.. cuma yg positif aja yg bikin seger



ah, for some guys, i want to tell this, that i don't make comics for the church. my church doesn't know this. hm..actually ive tried many times to tell them that i made comics for my God (that times, i want to ask them to pray for me because i faced some problems in making it), but somehow they didn't listen. hm.. maybe thats because of my characteristics. still emotional i think.. (in real life not many person like me actually, even the church)
so once again....
i didn't make these comics for church. (no one tell me or give me inspiration to do so too) i made these comics for my thanks to Him, the only one that doesnt leave me even when im wrong. and from Him i've got the ideas and inspiration for the comics.
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
ini sy dapat dari note pendeta jonatan jap di fesbuk (sy tidak kenal). tp ini buat bahan doa, smoga mereka segera dijamah Tuhan. tp terlebih dari itu. Tuhan maha baik. bener2 sangat baik.
saya juga kagum, dari semua korban tidak ada yg mendendam.. salutttttt!!! Halleluya Tuhan.  

ini saya copy paste dari jurnalnya pak pendeta itu: (kjadiannya di solo)


Minggu 25 September 2011 jam 10:45. Ibadah baru saja usai. Doa berkat telah selesai disampaikan. Jemaat sedang berjalan keluar dari dalam gedung Gereja. Pemuji dan pemusik sedang menaikkan puji-pujian.

Baru saja, Pdt. Sigit Purbandoro dari Surabaya menyampaikan Firman Tuhan mengenai "Pertolongan Tuhan" yang terambil dari Mazmur 121:1-8. Semuanya kelihatannya berjalan dengan lancar sepereti biasanya.

Tiba-tiba terdengar ledakan keras. Puji-pujian langsung berhenti. Saya berpikir speaker sound system yang meledak. Saya langsung berlari ke tengah mimbar dan dari atas mimbar terlihat ada asap putih mengepul dari pintu depan. Asap cukup tebal sehingga pandangan ke luar pintu tidak terlihat. Saya langsung berpikir "Wah bom!" Langsung saya berlari seperti melompat dari mimbar ke tempat kejadian.

Pikiran saya cuma satu, "Tuhan jangan sampai ada korban jiwa dari jemaat" dan kalau ada korban luka, itu yang harus secepatnya ditolong. Tidak kepikiran kalau ada bom susulan atau hal lain. Hanya satu perkara yang ada di pikiran "Selamatkan secepatnya yang terluka!"

Pada waktu itu, jemaat berteriak-teriak panik dan berlarian. Apalagi asap putih cukup tebal menghalangi pandangan. Bau mesiu menyengat dan darah berceceran di lantai.

Sampai di dekat kejadian, saya melihat hanya ada seorang yang tergeletak dengan perut hancur. Saya langsung berpikir, "Itu pasti pelakunya". Secara sekilas saya tidak menemukan korban lain yang tergeletak, spontan saya langsung berkata dalam hati, "Syukur Tuhan, tidak ada korban jiwa jemaat".

Lalu saya lihat beberapa jemaat yang terluka. Saya pegang tangan salah satunya dan saya katakan "Kamu pasti tertolong. Jangan takut! Tuhan melindungimu."  Tapi saya tidak boleh hanya berkutat di situ. Sekarang, ada beban di pundak saya sebagai gembala untuk mengendalikan situasi yang kacau dan menenangkan jemaat yang panik. Langsung saya berteriak "Semuanya keluar lewat pintu samping". Sekarang, prioritas utama adalah melarikan korban yang terluka secepat-cepatnya ke rumah sakit. Tidak usah memanggil ambulan, karena pasti butuh waktu cukup lama. Sedangkan korban, harus secepatnya dibawa ke rumah sakit.

Terdengar teriakan dari Pdm. Joko Sembodo yang mengatur keamanan di tempat kejadian perkara. Dia berteriak kepada petugas parkir di luar "Tutup pintu gerbang cepat!" agar jangan sampai ada orang luar masuk.

"Bawa semua korban lewat kantor. Pakai mobil Gereja untuk membawa korban ke rumah sakit" teriak saya. Langsung beberapa jemaat dengan sigap tanpa rasa takut menggendong para korban ke kantor. Mereka ini betul-betul orang-orang yang siap melayani seperti Kristus. Tidak mempedulikan resiko bom ke dua ataupun kengerian yang muncul, mereka sigap untuk memberikan pertolongan kepada korban-korban yang berjatuhan.

Sayapun segera berlari ke kantor. Di kantor, saya menyuruh Bapak Yohanes dan Bapak Yulianto untuk mengatur parkir agar kendaraan di parkir yang tidak berkepentingan bisa langsung cepat keluar. Begitu kosong, ada dua kendaraan yang siap dipakai, milik Bapak Budi dan Bapak Gideon. Langsung para korban diangkat dinaikkan ke mobil Bapak Budi. Namun ada kesulitan untuk menaikkan korban ke mobil Bapak Gideon, karena pintunya terhalang mobil lain. Tidak menunggu waktu, saya langsung naik ke belakang setir dan memajukan mobil Bapak Gideon, sehingga pintu bisa terbuka lebar.

Begitu korban dimasukkan, mobil segera melaju dengan cepat ke Rumah Sakit Dr. Oen. Ada yang sempat bertanya, "Nanti kalau di tanya siapa yang menanggung dan bertanggungjawab, bagaimana jawabnya?" Saya langsung berteriak "Gereja yang akan bertanggungjawab untuk semua biayanya. Yang penting, korban harus segera ditolong!" (Biaya pengobatan dan rumah sakit ditanggung oleh pemerintah dan oleh pihak Rumah Sakit Dr. Oen). Dalam waktu kira-kira lima belas menit sejak ledakan, semua korban sudah bisa sampai ke Rumah Sakit Dr. Oen.

Setelah sebentar membagi tugas di kantor, saya dan Pdm. Wim Agus Winarno langsung menyusul ke Rumah Sakit Dr. Oen. Urusan peledakan dan korban tewas biarlah urusan polisi dan orang lain yang sudah  saya serahi tugas untuk itu. Sedangkan tugas saya adalah gembala. Saya harus berada di dekat domba-domba yang terluka secepatnya.

Di luar, masa yang begitu banyak sudah memadati jalan di sekitar Gereja, sehingga kendaraan saya sukar untuk bergerak. Sesampainya di rumah sakit, ruang UGD sudah penuh dengan korban-korban yang terluka dan keluarganya. Suasana hiruk pikuk. Langsung saya usahakan untuk mendekati mereka satu per satu. Saya berikan kata-kata kekuatan dan yang paling penting saya doakan mereka satu per satu. Itulah tugas saya sebagai gembala.

Korban pertama yang saya jumpai adalah Bapak Sugiyono dan anaknya Defiana. Secara sepintas mereka kelihatannya tidak terluka parah, karena mereka masih bisa tersenyum. Namun kemudian saya baru tahu bahwa luka Defiana cukup parah, di mana ada 3 mur yang bersarang di tempurung kepalanya. Saya doakan mereka dan saya kuatkan.

Lalu saya jumpai Bapak Go Sing Gwan yang terluka dibahunya. Sebuah metal besi telah menghantam tulang bahunya sehingga hancur. Bapak Go Sing Gwan harus menjalani operasi untuk mengganti tulang bahunya yang hancur dengan sebuah plat.

Dikamar sebelah saya menjumpai Olivia Putri yang terluka di kakinya. Urat kakinya putus dan dia menangis. Pasti rasanya sangat menyakitkan sekali dan hati saya turut tersayat melihat gadis remaja ini menangis kesakitan. Saya pegang tangannya dan saya doakan.

Berlari keluar saya masuk ke kamar di samping dan di situ saya melihat Noviyanti tergeletak di atas ranjang dengan kepala yang bercucuran darah begitu banyak. Terlihat sepintas lukanya cukup parah dan dia hanya diam saja tanpa respon. Hati saya kuatir melihatnya. Tapi saya meneguhkan iman dan berdoa. Saya bisikkan kata-kata kekuatan dan saya doakan dia. Luar biasanya, nanti terlihat bahwa pemulihannya begitu cepat dan dia termasuk yang cepat pulang dari Rumah Sakit.

Septiana saya jumpai sedang terbaring kesakitan. Benda tajam telah menembus salah satu kakinya sampai berlubang dan mencucurkan darah. Tidak berhenti sampai di situ, benda tajam itu masih melaju dan bersarang di kaki yang satunya lagi. Ke dua kakinya terluka parah.

Selanjutnya saya berlari ke kamar sebelah dan saya melihat Ibu Feriana yang terluka parah, ada pecahan metal yang menembus dan merobek kandung kemihnya. Pendarahan terjadi dan harus segera dihentikan sebelum menjadi fatal. Segera dia diprioritaskan untuk menerima tindakan operasi lebih dahulu untuk menghentikan pendarahan. Dalam operasi itu, dokter juga harus memotong usus halusnya sebanyak dua cm. ketika didoakan sebelum masuk ke kamar operasi, dia masih bisa tersenyum sekalipun terluka parah.

Selesai mendoakan Ibu Feriana, saya keluar kamar dan di lorong saya menjumpai Ferdianta dan Boris yang terbaring di ranjang. Luka mereka berada di tangan, perut dan kaki, karena ada paku dan benda-benda lain yang menancap. Saya doakan dan saya teguhkan iman mereka. Mereka mengangguk lemah tanda percaya dan saya senang karena mereka tetap kuat.

Saat itu, saya melihat ada korban yang sedang didorong tergesa-gesa oleh petugas medis ke kamar operasi. Ternyata dia adalah Bapak Ristiyono yang  punggungnya hancur karena ada dua belas paku yang menancap di punggungnya. Saya tidak sempat mendoakannya secara khusus, tapi saya berdoa dalam hati agar kemanapun dia dibawa, Tuhan menyertainya.

Dengan setengah berlari, saya masuki kamar selanjutnya. Di situ terbaring Ibu Yulianti yang sudah berusia tujuh puluh empat tahun. Dia merasakan sakit di kepalanya yang berdarah-darah dan berkata dengan suara memelas "Pak, kepalaku sakit sekali. Tolong Pak Yo, ndak kuat rasanya. Kepala ini sakit sekali!" Saya tidak bisa melakukan apa-apa untuk meringankan penderitaannya, kecuali hanya dengan doa. Telinga Ibu Yulianti telah robek terhantam serpihan benda tajam dan mengucurkan banyak darah. Saya pegang tangannya dan dia menggenggam tangan saya erat-erat. Saya katakan, "Tante jangan kuatir. Tante pasti bisa sembuh total. Tetap kuat dan panggil nama Tuhan Yesus ya Tante." Dia mengangguk dan saya doakan dia sambil kita ber dua berpegangan tangan.

Keluar dari kamar itu, saya melihat korban lain, yaitu Bapak Stefanus yang terbaring di ranjangnya tepat di tengah ruang UGD. Dia berusaha bangun. Saya tenangkan dia dan saya suruh tidur kembali. Saya lihat lengannya atas berdarah-darah. Saya pegang tangannya dan saya doakan dia di tengah-tengah ruangan UGD itu.

Sekalipun jatuh korban tiga puluh orang terluka, saya masih bisa bersyukur bahwa tidak ada satupun yang meninggal dunia. Dari tiga puluh orang itu, empat belas harus dirawat inap dan semuanya harus menjalani operasi. Operasi berlangsung marathon dari hari Minggu jam 14.00 sampai besoknya jam 12.00, selama dua puluh dua jam.



II.    MELEDAK.

Jika direnungkan, dalam tragedi 1053 ini ada banyak mujizat dan pertolongan Tuhan. Jika tidak ada satupun korban jiwa, itu adalah karena campur tangan Tuhan semata-mata. Bukan kebetulan! Karena di dalam Tuhan Yesus, tidak ada yang kebetulan. Semua terjadi atas ijinNya.

Sebelum kejadian, berdasarkan rekaman kamera CCTV, pelaku diperkirakan masuk dari pintu kecil samping pintu utama. Dengan berbaju putih lengan panjang, celana panjang hitam, bertopi, berkacamata dan sebuah tas kecil di kalungkan di dadanya, pelaku sempat berjalan ke tengah dan mendekati tengah ruangan Gereja. Andaikata dia meledakkan bomnya di tengah ruangan Gereja, pasti ceritanya akan berbeda. Korban yang jatuh pasti akan lebih banyak.

Tapi entah mengapa (Pasti ada campur tangan Tuhan), pelaku sempat menoleh ke kanan ke kiri seperti kebingungan. Kemudian, dia berbalik dan berjalan menuju pintu keluar. Dia melangkah keluar pintu Gereja dan berdiri di depan pintu agak menyamping ke timur. Di teras Gereja itulah dia meledakkan bom yang dia bawa tepat pukul 10:53 (sesuai dengan waktu yang terekam di CCTV), menghamburkan proyektil-proyektil maut berupa paku, mur, lempengan logam tajam dan lain sebagainya.

Semata-mata pertolongan Tuhan kalau pelaku itu meledakkan bomnya dengan menghadap ke halaman parkir. Andaikata dia meledakkan bomnya dengan menghadap ke arah pintu Gereja, di mana jemaat sedang ramainya keluar melalui pintu itu, maka korban yang berjatuhan akan makin banyak dan bisa jadi ada yang kehilangan nyawanya.

Lebih ajaib lagi, ketika dia menyalakan bomnya, posisinya agak berubah, badannya memutar sedikit sehingga arahnya tepat menghadap ke dua pilar beton. Akibatnya, ketika bom yang menempel di perutnya meledak menghamburkan serpihan-serpihan, maka sebagian tertahan oleh dua tiang beton itu. Kalau bukan tangan Tuhan yang memutar tubuhnya sedikit, maka pasti akan jatuh korban lebih banyak lagi.

Serpihan bom itu ternyata menyebar kemana-mana dan ada sebuah pecahan pipa yang tajam dan sebesar kepalan tangan, telah terlontar menembus plafon teras Gereja. Andaikata pecahan itu tidak dilemparkan oleh Tuhan ke atas dan membabat orang, maka dipastikan orang itu tidak akan mengalami kesakitan. Tapi dia akan langsung tewas di tempat. Tapi puji syukur kepada Tuhan. Tuhan sudah melemparkan pecahan yang sangat berbahaya itu ke atas plafon Gereja, sehingga tidak menimbulkan korban.



III.  MUJIZAT.

Satu hal yang saya kuatirkan dan saya doakan kepada Tuhan, "Jangan sampai ada satupun korban yang meninggal!" Kalau tidak ada yang kehilangan nyawa (kecuali pelaku), maka itu membuktikan bahwa tindakan bom bunuh diri itu adalah tindakan yang sia-sia dan tidak mencapai sasarannya, yaitu untuk mencabut nyawa korban sebanyak-banyaknya. Selamatnya para korban juga menunjukkan bahwa perlindungan Allah itu dahsyat dan ajaib! Perlindungan Allah tidak tertembus oleh bom yang bagaimanapun juga.

Oleh sebab itu, ketika diadakan doa di depan Gereja oleh saudara-saudara kita dari GP Ansor pada Minggu malam, sayapun ikut di situ. Pada saat itu, saya menerima tiga kabar yang membuat sesak nafas. Berita pertama yang muncul di sms adalah Defiana setelah operasi kepala untuk mengambil tiga mur, ternyata mengalami kejang-kejang dan kritis. Saat saudara-saudara kita dari GP Ansor berdoa, sayapun juga berdoa, "Tuhan Yesus jangan sampai anakMu ini meninggal.  Sembuhkan dan pulihkan dia oleh karena bilurMu, bukan karena yang lain. Aku mohon mujizatMu Tuhan."

Belum selesai saya berdoa, masuk sms ke dua dan disusul yang ke tiga yang mengatakan bahwa kaki dari salah satu korban yang bernama Hariyoko harus diamputasi karena terbabat obeng yang terlontar seperti roket. Lalu urat kaki Olivia Putri yang putus harus segera disambung sebelum dua puluh empat jam. Tapi sampai saat itu belum bisa segera dilakukan operasi karena ruang operasi penuh. Padahal waktu sudah semakin sempit.

Kembali saya berdoa agar jangan sampai ada satupun yang mengalami cacat! Apalagi mereka ini masih remaja dan masih memiliki perjalanan hidup yang panjang. Jangan sampai mereka kehilangan masa depannya karena mengalami kecacatan.

Berdoa bersama saudara-saudara kita dari GP Ansor dan mengingat korban-korban ini, tak terasa air mata ini menetes. Hanya satu doa yang saya panjatkan terus, "Jangan ada yang meninggal dan jangan ada yang cacat", supaya nama Tuhan saja yang dipermuliakan dalam peristiwa ini.

Begitu selesai doa bersama, kira-kira jam 22.30, saya langsung bergegas ke Rumah Sakit bersama Pdm. Joko Sembodo untuk menjenguk korban.

Di depan ruang operasi, saya menjumpai Ibu Hung Me, yang suaminya, Bapak Go Sing Gwan sedang menjalani operasi karena tulang bahunya hancur. Di depan kamar operasi itu, kita berdoa bersama-sama memohon anugerahNya.

Lalu saya menuju kamar Olivia Putri yang harus dioperasi sesegera mungkin karena urat kakinya putus. Dia tertidur lelap, mungkin karena pengaruh obat bius untuk mengurangi rasa sakitnya. Saya katakan kepada ibunya, "Jangan kuatir bu. Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat. Kaki Olivia pasti akan dioperasi tepat pada waktunya." Akhirnya jam 01.00, Olivia bisa dioperasi kakinya dan tidak terlambat.

Di ruang ICU, ada dua korban, yaitu Ibu Feriana yang terluka parah. Kandung kemihnya yang pendarahan karena tertembus logam dan ususnya harus dipotong dua cm. Ketika saya doakan, Ibu Feriana justru berkata "Saya tetap kuat Pak Yo. Saya tetap cinta Tuhan dan Tuhan Yesus pasti sembuhkan saya." Dia juga berpesan, "Pak Yo juga harus kuat. Tuhan akan pakai Pak Yo." Saya terkejut dengan ketabahan Ibu Feriana. Saya betul-betul dikuatkan dan terharu. Di saat menderita dan menjadi korban, Ibu Feriana betul-betul tabah dan justru masih bisa memberikan kekuatan. Luar biasa!

Memang Tuhan punya rencana lain untuk Ibu Feriana. Ketika para dokter mengoperasi untuk menghentikan pendarahannya, dokter juga menemukan usus buntunya sudah infeksi. Karena itu, usus buntunyapun ikut diambil. Jadi Ibu Feriana ini juga mendapatkan pelayanan operasi usus buntu, tanpa biaya. Tuhan yang atur semuanya.

Defianapun juga berada di ruang ICU. Saya melihat sekarang dia telah bisa tidur tenang, sesudah sore tadi mengalami kejang-kejang. Saya bersyukur kepada Tuhan karena melihat Tuhan sudah melakukan mujizatNya.

Mamanya mengatakan bahwa Defiana ini dalam penderitaannya justru sangat tabah. Dalam keadaan tergeletak dan terluka parah, dia justru yang mengkuatkan orang tuanya untuk tetap kuat dan bersyukur kepada Tuhan, "Ma jangan takut. Aku pasti sembuh karena Tuhan Yesus pasti menolong." Bahkan saat dia didorong masuk ke kamar operasi, dia menyanyikan pujian "Dalam nama Yesus! Dalam nama Yesus! Ada kemenangan!" Iman anak remaja ini betul-betul luar biasa. Dia sangat mencintai Tuhan. Saat sadar, yang dipikirkan pertama kali justru, bagaimana pelayanannya hari Senin, 3 Oktober nanti dalam acara Konser Pemuda? Luar biasa! Pada hari Senin, 3 Oktober, Defiana sudah bisa ikut acara konser pemuda di Gereja, sekalipun dengan kepala yang masih dibalut dengan perban. Mujizat!

Melihat kondisi Defiana yang cukup parah, sebuah lembaga sosial keagamaan dari Surabaya menawarkan bantuan dana dan pertolongan untuk membawa Defiana ke Singapore jika diperlukan. Tapi rencana Tuhan berbeda. Hari Senin, 3 Oktober, Defiana tidak berada di Singapore untuk diobati. Tapi pada Hari Senin, 3 Oktober, dia berada di GBIS Kepunton sedang memuji Tuhan. Haleluya!

Hariyoko yang menurut dokter harus diamputasi kakinya mengalami mujizat yang luar biasa. Besoknya, dokter berkata bahwa kakinya tidak jadi diamputasi dan bisa sembuh sempurna. Saya yakin dan percaya, bahwa malam itu, Tuhan Yesus sudah menyambung semua pembulu darah dan urat-urat yang terputus, sehingga kakinya bisa diselamatkan. Hariyoko yang masih muda tidak kehilangan kakinya.

Ayahnya, yaitu Bpk Ristiono adalah bapak yang punggungnya hancur tertebus dua belas paku tajam. Tapi puji Tuhan, tidak ada satupun paku itu yang menembus organ vitalnya. Sebelas paku diambil melalui operasi pertama. Tapi satu paku diambil pada operasi ke dua yang beresiko tinggi. Paku itu bersarang tepat di antara paru-paru dan hatinya. Jika paku itu tertancap sedikit bergeser saja, maka akan mengenai paru-paru atau hatinya dan hasilnya pasti fatal. Tapi karena tangan Tuhan saja, maka paku itu bisa tepat bersarang di antara dua organ vital itu.

Ibu Yuliati yang berusia tujuh puluh empat tahun telah terluka di kepalanya. Ada serpihan benda tajam yang melesat cepat merobek daun telinganya. Telinganya berdarah-darah. Tapi kita bisa bersyukur kepada Tuhan, karena seandainya benda itu selisih beberapa mili saja jaraknya, maka pecahan benda tajam itu akan menembus ke kepalanya dan berakibat fatal. Tangan Tuhan betul-betul menyatakan perlindunganNya.

Para korban bersaksi bahwa sepertinya ada tameng Ilahi yang melindungi mereka. Pecahan paku, mur boleh menembus daging, tapi tidak mengenai tulang atau organ penting. Ada tangan Tuhan yang tak terlihat yang telah menahan semua proyektil-proyektil maut itu.



IV.    IMAN DI ATAS BATU KARANG.

Hal yang paling membahagiakan saya adalah semua korban yang dirawat ini memiliki iman yang kuat. Mereka menderita, tapi mereka tidak kecewa kepada Tuhan. Mereka disakiti, tapi mereka tidak dendam dan mau mengampuni. Ketika mereka ditanya, mereka tetap mencintai Tuhan Yesus dan akan tetap setia ke Gereja.

Seperti juga Defiana yang saat masih tergolek justru memikirkan pelayanannya, maka Olivia Putri juga berkata "Aku akan tetap ke Gereja. Kenapa harus takut?"

Bapak Stefanus dalam keadaan masih terbaring di tempat tidur bahkan sudah menanyakan, "Pak, Hari Sabtu ada kebaktian 464 (lansia)? Saya mau datang ibadah."

Ibu Yulianti yang sudah berusia tujuh puluh empat tahun, awalnya mengalami trauma dan berkata "Tidak berani ke Gereja dulu". Tapi besoknya dia sudah bisa berkata "Sesudah sembuh, saya pasti ke Gereja lagi. Saya tidak trauma lagi, karena Tuhan Yesus."

Boris waktu ditanya wartawan tentang Firman Tuhan saat ibadah, dia menjawab dengan jawaban luar biasa, "Firman Tuhan tadi berbicara tentang pertolongan Tuhan dan sekarang saya langsung mengalami pertolongan Tuhan".

Para korban tidak menolak jiwa diwawancarai oleh wartawan maupun dikunjungi oleh tamu-tamu penting. Salah satunya saya tanya, "Kenapa kok mau diwawancarai atau dijenguk oleh tamu-tamu yang begitu banyak? Apa tidak justru melelahkan?" Dia menjawab "Pak Yo, justru ini kesempatan buat saya untuk menyaksikan kehebatan Tuhan Yesus. Justru inilah kesempatan buat saya untuk menunjukkan kepada orang yang belum kenal Tuhan bahwa saya tidak takut untuk mengiring Tuhan Yesus  dan menunjukkan bahwa saya mengampuni mereka."

Kuatnya iman mereka, betapa cintanya mereka kepada Tuhan Yesus, tabahnya hati mereka, semuanya itu membuat saya semakin kuat. Bukan saya yang mengkuatkan mereka. Tapi merekalah yang justru telah mengkuatkan saya.

Jika mereka yang menjadi korban saja bisa begitu kuat dan tidak takut untuk kembali beribadah. Tentunya, kita yang tidak tergores sedikitpun pasti akan tetap kuat dan setia beribadah kepada Tuhan Yesus di tempat yang sudah Tuhan tempatkan kita.

Jangan sampai kesetiaan dan iman kita kalah dengan mereka yang menjadi korban. Biarlah mereka ini menjadi teladan iman buat kita. Inilah iman yang dibangun di atas fondasi batu karang.



V.      WE LOVE, WE FORGIVE.

Setelah saya kembali dari Rumah Sakit, polisi sudah berdatangan mengamankan lokasi. Saya masuk ke dalam Gereja dan duduk di kursi tidak jauh dari pelaku pembomanan yang tergeletak di lantai. Saya amati dia cukup lama dan saya mulai merenung, "Haruskah hidupnya berakhir tragis dan sia-sia  seperti ini?" Pada waktu itu, yang muncul di dalam benak saya bukan kebencian dan dendam. Perasaan yang muncul adalah belas kasihan kepada dia yang telah salah memilih jalan kehidupan.

Dari situlah inti pesan gembala itu muncul "Taburkanlah kasih dan pengampunan. Bukan dendam dan kebencian." We love and we forgive.

Tidak ada persungutan yang kita berikan. Tapi ucapan syukur kepada Tuhan yang kita persembahkan. Habis gelap, terbitlah terang. Setelah musibah, timbulah mujizat. Karena itu, sekalipun di mata manusia, hal ini merupakan tragedi dan bencana. Tapi dengan mata iman, saya memandang bahwa tragedi 1053 pasti menjadi MUJIZAT 1053.

Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikkan bagi orang-orang yang mengasihi Dia. Tidak ada kemuliaan, tanpa melalui salib. Justru melalui peristiwa ini, dunia telah melihat bahwa Tuhan Yesus dahsyat dan ajaib.





Pdt. Jonatan Jap Setiawan
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
saya baru dapet sesuatu lagi.

tiba2 ingin banget mengingatkan tentang apa yg sebenernya terjadi di indonesia?
pertama, saya ditunjukkan sebuah web oleh teman saya. ini penting kita tahu:

(maap linknya sy hilangkan saja. soalnya bener juga (baru dikasih tau), ternyata malah bikin kita ngedrop bacanya, selain itu komentar2 yg ada pada ngeflame, jd malah percuma buang2 energi buat marah2 disana. hehehe yg jelas isinya mengatakan bahwa negara kita sebenernya termasuk yg terkaya didunia, dgn hasil freeport/tambang emas, kekayaan laut dan kekayaan hasil alam dan kita seolah2 tidak sadar bahwa sedang berdiri diatas berlian. begitu kata2nya)


itu kenyataan. bahwa negara kita masuk negara terkaya di dunia. dan yg terjadi adalah negara luar mengelola kekayaan kita, setelah itu hasil olahannya kita yg beli kembali. (hasil emasnya 1% utk negara kita, 99% utk negara luar?? astaganagaaa omg! kok bisa ya... )

skarang sy pengen bahas mengenai artis ilustrator indo, sebenarnya ini terjadi juga dgn artis2 ilustrator kita. semua yg berbakat ditarik bekerja diluar, mengerjakan filem, buku, game, web, dll. setelah filem, buku dan gamenya jadi mereka menjual hasil jadinya ke kita.
(ini termasuk sy sendiri yg kerja bikin game utk org bule....)
jawaban kita begimana? : ya begimana lagi. fee utk menggambar (dan utk kerjaan lain juga) di indo tidak bisa utk hidup.
ini kenyataan pahit. tapi bener. mengandalkan bayaran di indo ini kebanyakan tidak bisa hidup. (utk kondisi ilustrator ya, masih banyak soalnya bidang pekerjaan lain yg bisa sukses di indo saja)

lalu begimana dong?
sy dapet tentang berkat waktu Tuhan Yesus mau memberi makan 4000 orang (empat ribu laki2, perempuan dan anak2 belum terhitung) padahal hanya ada 7 roti dan beberapa ikan saja. Dia tanya ke murid2nya, "Berapa roti ada padamu?" tujuh dan beberapa ikan2 kecil jwb mereka. lalu Tuhan Yesus mengambil ketujuh roti dan ikan2 kecil itu lalu mengucap syukur lalu memecah2kan dan membagi2kannya. (dan akhirnya setelah 4000 orang itu kenyang masih tersisa 7 bakul penuh).
jadi berapapun yg ada pada kita, mengucap syukur saja. itu akan jadi berkat utk orang banyak.

sekarang ayo kita syukuri. apa yg ada pada kita?
beberapa kenyataan ini bisa kita olah:
- artis kita banyak yg berbakat dan dipakai pihak luar negeri
- negara kita masih negara pembajak, dimana2 dvd bajakan mudah dicari
- kita ini sebenernya di satu sisi cepat menyerap kebudayaan luar
- sementara kebudayaan kita sndiri sering terlupakan, padahal bagus2 (hehehe)

langkah berikutnya:
sy melihat waktu sekitar ampir 10 tahun lalu negara cina didesak utk mengatasi pembajakan disana, apa jawab mereka? mereka bilang akan diatasi setelah 10 tahun lagi. coba perhatikan baik2.. apa maksudnya itu? maksudnya, mereka akan segera menyerap segala ilmu dari hasil pembajakan mereka, dan setelah deadline 10 tahun lagi, mereka akan memiliki sluruh ilmu yg dibutuhkan dan tidak butuh lagi membajak.
jadi?
mumpung negara kita masih banyak dvd bajakan yg berisi segala program2 yg dibutuhkan oleh ilustrator. seperti photoshop yg terbaru, corel terbaru, adobe ilustrator terbaru, sai, autocad, 3D max, corel painter, dan lain lain. ayo kita pelajari itu habis2an. di negara luar tidak semua orang bisa membeli program2 itu (itu sangat mahal, rata2 diatas 10 juta). beruntunglah kita. jgn sia2kan keberuntungan kita.

next... setelah kita bekerja pula dgn negara luar, jgn ngeblank, kita serap yg dpt kita serap, misalnya, ketegasan dan disiplin mereka dalam bekerja itu sangat ketat (sy sndiri aja di awal2 kaget dan sempet bolak balik keteteran, skrg pun masih belajar), standar mereka pun tinggi. itu semua bagus.

setelah skill dan disiplinnya dapet, ayo bikin produk utk diexpor. yg tidak butuh kita nanti membelinya lagi karena dari kitalah produk itu.
contoh2 yg bagus (dari luar ilustrasi):
- produk makanan seprti indomie (seleeeraku .. hehehe)
- alat2 kesenian (alat2 musik kita banyak di expor lho, tanpa kita harus membeli kembali)
- pakaian batik (ini juga produk ekspor)
- pernak pernik lain seperti radio kayu (baru tadi siang sy liat dari acara laptop si unyil heheheh)

sekarang mengatasi kelemahan.
sy pernah bilang kelemahan terbesar bakal jadi kekuatan terbesar.
ini kelemahan terbesar indonesia, dari dulu juga negara lain sudah tau:
- kita ini terlalu beraneka ragam.
- karena berbeda2 jadi mudah dipecah belah
sy kemarin ini kebetulan ngeliat semut lagi narik barang yg terlalu besar keatas tembok beramai2 (tapi berhasil lo). semut itu banyak, tp kok bisa terorganisir rapi gitu padahal kayanya gak ada yg meng-komando. rasanya sih sy dapetnya itu mereka secara naluri memiliki tujuan yg sama, yaitu mengumpulkan makanan.. yg satu lagi menarik makanan dan memasukkan ke lubang penyimpanan, yg lain juga melihat makanan yg sama ikut menarik dan tujuannya sama2 ke lubang penyimpanan.
kalao kita yg beraneka ragam ini bisa punya tujuan yg sama, kita akan berkembang dgn luar biasa (karena dari keaneka ragaman itu bakal mengumpulkan banyak sekali ilmu). kalau bisa terjadi.............. tdk akan ada negara lain yg bisa menyaingi karena mereka tdk punya keaneka ragaman ini. (itulah mengapa kita dipecah2 terus)

negara kita banyak memiliki sakit hati antar etnis, dan sebenrnya masih banyak perang antar suku diluar sana, tp yg belakangan di sdg dibahas, dan karena ini sangat pahit. yaitu yg disebut etnis cina dan pribumi. ini sudah didoktrin sangat lama yg sukar diobati. ortu maupun kakek nenek saya punya pengalaman pahit sekali, bnyk sodara2 mereka yg dibunuhi. (jd saya ini keluarga survivor).
kejadian pahit di kerusuhan mei, pemerkosaan kaum chinese juga di saat itu. jgn ikut2an si andy dari acara kick andy, yg bertanya terus2an minta bukti seolah2 hal itu tidak pernah terjadi. padahal negara luar tau dgn jelas kejadian itu, kalau tidak percaya bisa liat di wikipedia tentang itu. (selain wikipedia smua sangat menyeramkan. saya kuatir kalau sy kasih linknya, disini banyak anak2)
terus terang sy sakit hati melihat hal itu. tp saya diingatkan terus bahwa itu hasil kelakuan pihak tertentu, bukan semua orang indonesia selain org chinese.

jadi itu jgn dibiarkan terus, yg bisa reda ayo redalah. sy didorong terus sama Bapa disurga buat memaafkan para antek2 pemecah belah ini. dan sy terus kagum dengan salah satu orang korban pelecehan di saat kerusuhan mei itu. waktu itu entah di acara solusi atau apa, tapi seorang ayah yg (kl gak salah) anaknya diperkosa setelah itu dibunuh, entah dgn istrinya, sdgkan dia sendiri dibakar hidup2 tapi masih selamat. dia ini berkata di acara itu bahwa oleh kekuatan Tuhan, dia sudah memaafkan pelakunya dan sudah mengampuninya. (saya sangat salut dengan hal itu, dan sampai skarang terus terngiang2... betapa dahsyatnya TUhan, sanggup melembutkan hati orang sampai segitunya, dan yg jelas Dia mendorong semua anak2Nya utk memaafkan) luar biasa Kau..Tuhan.. Halleluya.
teman2.. ayo lah kita saling memaafkan, kalau ada yg perlu dan bisa diingatkan utk meminta maaf ayolah lakukan. utk kepahitan antar chinese-non chinese juga ayo kita permudah hal itu. sungguh sulit memaafkan pribadi2 tertentu yg menutup2i kesalahan mereka. saya juga minta maaf kalau kami chinese sempat melakukan ke egoisan. kita saling memperbaiki. sulit, gap2 yg sudah ada puluhan tahun sulit dihilangkan, tapi tidak ada yg mustahil didalam Tuhan, dan Dia memang sedang memulihkan indonesia ini.

ayo .. tujuan saya supaya indonesia ini tdk terus dipecah belah. pasti ada maksudnya TUhan membiarkan keaneka ragaman ini menjadi suatu bangsa merdeka. dan saya yakin sekali ttg yg tadi itu, keaneka ragaman ini kalau bersatu, akan menghasilkan sesuatu yg dunia tidak bisa menyamai. (karena mereka tidak punya keanekaragaman ini)

satu lagi, ingatlah kepada TUhan, kita melakukan sesuatu kadang2 utk mendapat upah di sorga, tapi Dia memberikan kasih-Nya utk kita manusia tidak mendapatkan suatu upah apapun. hanyalah kerugian yg Dia dapat. tp DIa tetap mengasihi kita. bahkan berkorban nyawa.

Tuhan Yesus memberkati.
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai
halo, baru skarang saya bikin jurnal lagi.
oiya, omong2...
bagi yg lagi beribadah puasa selamat berjuang yah. yg penting berjuang dari hati, nanti kelakuan otomatis akan mengikuti dgn sndiri. maksudnya kalau tidak dari hati, cuma menganggap puasa sebagai syarat saja,  nanti sehabis berbuka akan melakukan hal jelek lagi, karena hatinya sebenarnya cuma berusaha menahan sementara tp tidak ingin berhenti dari perbuatan jelek.
tp kalau hatinya memang pengen berubah, semuanya jadi jauh lebih gampang. semangat yah, and God bless you.

nah sekarang balik ke topik. utk indonesia ini. ada yg sadar gak, akhir2 ini prestasi indonesia makin menonjol di dunia internasional. dari artis ilustrator, gamer, seni kbudayaan tradisional sampai produksi hasil bumi (yg ini kayanya saya aja yg telat tahunya hehehe) ternyata muncul prestasi2 yg negara lain sukar menyaingi. kadang di filem2 hollywood (katanya filem pixar juga) tercantum nama2 orang indo.
ada juga yg waktu lalu sy sempet membahas tentang orang kota malang yg membuat baju2 kamen rider dgn kualitas internasional (sy sebutin kotanya, biar kebakar semangat yg baca hehehe), sekarang katanya ada juga yg ahli membuat senjata2 hero amrik seperti tamengnya captain amerika, cakarnya wolverine dgn kualitas toppp. dan itu banyak diorder oleh negara luar. tp inget harganya juga yahud, soalnya kualitasnya top. hmm.. edun ya. saya blum dapet alamatnya di fesbuk. tp infonya dari adik saya. kl mau ntar saya tanyain (barangkali mau pesan hehehe)

begitu juga dengan lomba2 seperti olimpiade matematik, fisika, atau robot2 dan penemuan2 lain.
bahkan indonesia juga masuk top 5 besar hacker sedunia (mustinya yg ini gausah dibanggakan, tapi kok saya mau gak mau merasa keren juga hahaha )
omong2 si garang76 itu juga orang malang lho. hehehe dia skillnya dewa dan skillnya sudah bukan skill lokal lagi tapi diatas rata2 internasional. (garang76.deviantart.com/)

saya makin suka dgn perkembangan indonesia sekarang ini. membuktikan bahwa indonesia punya banyak hal (waktu dulu masih sedikit hal, sekarang levelnya sudah 'banyak') yg di ingin-in negara lain.

nah maksudnya apa sy bikin jurnal ini?

begini, soalnya kemarin saya sempet ngobrol sdikit ama sesepuh (dosen sebenernya) perguruan tinggi di bandung.
yg saya kira makin kebelakang makin banyak anak2muda berbakat yg nongol itu ternyata tidak sepenuhnya benar! kaget juga saya waktu dengernya.

ternyata kenyataannya seperti ini: makin kebelakang, persentase dari jumlah seluruh mahasiswa yg berprestasi gila2an makin lama makin sedikit!!
walaupun makin banyak yg muncul dengan bakat... eh bukan ding.. tidak ada yg namanya bakat, adanya kemauan dan kerja keras. hmm.. diralat. walaupun makin banyak yg muncul dgn prestasi gila2an, itu ternyata dari angkatan lama2, sedangkan dari angkatan2 makin kebelakang malah makin jarang dan sedikit, bukannya tidak ada, tetap ada dan muncul terus tp presentasinya makin sdikit.
jadi saya mau bilang, ayo deh, ayo jaga mentalnya dong
fakta di kampus seperti ini:  makin banyak mahasiswa yg memilih membayar orang lain utk mengerjakan tugas2nya, yg penting selesai, bahkan  berani membujuk dosennya supaya mau dibayar utk mengerjakan tugas2nya. (sudah biasa katanya sekarng seperti itu)
yg merasa pernah melakukan hal2 bermental tempe, ayo berubah, jgan mau kalah ama angkatan lama.

lalu berikutnya...
tau diri itu perlu, jadi kita perlu tau diri tentang negara ini.
tadi kita sudah tau, level skill indonesia saat ini sudah diatas rata2 internasional. its true!
nah yg baik dipertajam, sekarang kelemahan musti diatasi. apa yg lemah di indonesia? salah satunya mentalnya lemah. its true juga. makanya ayo masing2 beresin sndiri.  

hmm utk mental, salah satu langkahnya saya punya tips.....
pada udah tau ttg ini kan: kalau kita membenci sesuatu/seseorang, kita jadi mirip dengan kejelekan hal/orang itu. sedangkan kalau kita bangga dan kagum dgn sesuatu/seseorang, kita jadi mirip dgn kebaikan hal/orang itu. intinya kalau kita benci, kita sebenernya sdg menyedot hal2 negatifnya, kalau kita kagum, kita sdg menyedot hal2 positifnya.
jadi jgn benci dgn indonesia ini. lihat hal2 yg baik buat berkembang, hal2 yg jelek dari indonesia ini sebisanya diperbaiki, kalau tidak bisa (dan bukan bidang kita), buang aja dari kepala jangan dipikirin, penuhi aja otak kita dgn hal2 yg kita kagumi dan perlu dikejar dari indonesia ini.

akhir kata...
makanya to, Paulus tu bilang gini: Jadi akhirnya, saudara2, semua yg benar, semua yg mulia, semua yg adil, semua yg suci, semua yg manis, semua yg sedap didengar, smua yg disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

nah yg diatas, prestasi2 orang indonesia itu termasuk yg patut dipuji. pikirkanlah semua itu biar saling mengejar dan meningkat skillnya.


oke deh segitu saja. TUhan Yesus memberkati.
bagi yg sedang berpuasa, selamat menjalankan ibadah puasa ya.


update!!
uy ini sy dapet alamatnya (yg tukang bikin senjata hero amrik):  neokg.com/threads/91-Lilz-repl…
kalau yg tukang bikin kostum kamen rider namanya: kotaro minamin  www.facebook.com/profile.php?i…
dan disini variozector.multiply.com/ (thanks to lycans)
  • Listening to: nothing
  • Reading: nothing
  • Watching: monitor
  • Playing: emulator nintendo dan lainnya
  • Eating: nasi pecel
  • Drinking: susu kedelai